24 Agustus 2023

BUPATI LAMPUNG TIMUR

 

M. Dawam Rahardjo adalah Bupati Lampung Timur yang terpilih untuk periode 2021-2026. Ia merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dawam resmi menjabat sebagai bupati per 2021 bersama wakilnya, yaitu Azwar Hadi1. Pada April 2023, ia mendapatkan banyak kritik dari masyarakat Indonesia setelah memanggil dan diduga mengintimidasi ASN sekaligus orang tua dari Yudho Bima Saputro setelah konten unggahannya “Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-Maju” yang berisi kritik terhadap Pemerintah Provinsi Lampung melalui akun TikTok dengan nama pengguna @awbimaxreborn viral di media sosial1. Salah satu yang dikritisi oleh akun tersebut adalah kondisi infrastruktur yang buruk di wilayah tersebut1.

 

Apa saja program kerja bupati Lampung Timur?

 

Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo, telah mengungkapkan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan selama masa jabatannya. Salah satunya adalah fokus membenahi dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam rencana 100 hari kerja menjabat sebagai bupati daerah1. Selain itu, pada forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Gedung Pusiban, Kamis (20/1/2022), Dawam berharap RKPD 2023 dapat berpedoman pada visi-misi serta mempunyai inovasi2. Ia juga mengajak para Kepala OPD untuk bekerja keras dalam menyerap aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta cepat tanggap dalam memberikan solusi2.

 

Apa saja visi-misi bupati Lampung Timur?

 

Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo, memiliki visi untuk menjadikan daerahnya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Lampung1. Selain itu, beliau juga memiliki misi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan masyarakat1.

 

Siapa yang menjabat sebagai wakil bupati saat ini?

Wakil Bupati Lampung Timur saat ini adalah Azwar Hadi. Ia menjabat bersama Bupati M. Dawam Rahardjo untuk periode 2021-2026.

 

Apa saja program kerja dari Bupati Lampung Timur terkait pendidikan dan kesehatan masyarakat?

 

Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo, telah mengungkapkan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan selama masa jabatannya. Salah satunya adalah fokus membenahi dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam rencana 100 hari kerja menjabat sebagai bupati daerah1. Namun, saya tidak menemukan informasi spesifik tentang program kerja Bupati Lampung Timur terkait pendidikan dan kesehatan masyarakat dari hasil pencarian saya. Apakah Anda ingin saya mencari informasi lebih lanjut?

 

 

riwayat hidup bupati lampung timur M Dawam Rahardjo

M. Dawam Rahardjo lahir di Bentengsari, 3 September 1968. Ia adalah Bupati Lampung Timur yang terpilih untuk periode 2021-2026 dan merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dawam resmi menjabat sebagai bupati per 2021 bersama wakilnya, yaitu Azwar Hadi1.

Dawam Rahardjo adalah putra asli daerah Lampung Timur yang lahir dan besar di sana. Ia menempuh sekolah dasar hingga lulus sekolah menengah di Bandar Lampung, kemudian hijrah ke Jakarta untuk kuliah hingga mengantongi ijazah magister di Universitas Indonesia2. Ia resmi menjadi seorang birokrat ketika menjadi Sekretaris Kecamatan Jabung di Lampung Timur pada tahun 2001. Perlahan kariernya menanjak hingga beberapa kali terpilih menjadi Camat. Puncak kariernya adalah ketika menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pringsewu pada tahun 2014. Malang melintang di birokrat, akhirnya Dawam memutuskan untuk maju menjadi calon Bupati Lampung Timur2.

Selain di birokrat, Dawam juga aktif di berbagai organisasi seperti menjabat sebagai Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Pesawaran (2013-2018), Ketua Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Pringsewu (2014-2019), serta menjadi Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Lampung Timur (2019-2024). Ketika masih menjadi calon Bupati Lampung Timur, beliau mendapatkan gelar adat dari Keratuan Melinting, Lampung Timur. Gelar yang disandangnya adalah “Pangeran Banjar Negaro”2.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar