27 Agustus 2023

PASPAMRES

 Pasukan Pengamanan Presiden (disingkat Paspampres) adalah pasukan yang bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden RI dan mantan Wakil Presiden RI beserta keluarganya, serta tamu negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan1. Paspampres juga bertugas menyelenggarakan fungsi protokoler kenegaraan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI1. Paspampres adalah salah satu dari Badan Pelaksana Pusat Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terdiri dari prajurit pilihan dari berbagai cabang kesatuan khusus dan elit di TNI seperti dari Kostrad, Kopassus, Raider, Marinir, Kopaska, Paskhas dan Polisi Militer1. Sebelum reformasi, Paspampres juga direkrut dari Polri (masa ABRI)1.


Siapa komandan saat ini?

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) saat ini adalah Brigadir Jenderal Rafael Granada Baay1. Dia menggantikan Marsekal Muda (Marsda) Wahyu Hidayat sebagai Komandan Paspampres1. Rafael Granada Baay merupakan sosok berpengalaman di Korps Baret Merah Kopassus1. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini sebelum dipromosikan sebagai Danpaspampres adalah Aspotwil Kaskogabwilhan I1. Selain itu, Jenderal Kopassus ini pernah menjabat sebagai Direktur H Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI1.


Apa saja tugas Komandan Paspampres?

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan negara. Tugasnya bukan hanya menjaga keselamatan Presiden, tapi juga mendukung tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI)1. Komandan Paspampres bertanggung jawab untuk melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya2. Selain itu, Komandan Paspampres juga bertugas untuk menyelenggarakan fungsi protokoler kenegaraan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI3.

Komandan Paspampres saat ini, Brigadir Jenderal Rafael Granada Baay, memiliki beberapa tugas yang menantinya. Dalam waktu dekat, ia akan menjalankan tugas pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 20234. KTT ASEAN 2023 akan dilaksanakan dua kali, pertama di Labuhan Bajo pada bulan Mei dan kedua di Jakarta pada bulan September4. Selain itu, karena saat ini sudah memasuki tahun politik, Komandan Paspampres juga akan menyiapkan satuan tugas untuk mengamankan calon presiden di Pilpres 20244.


Apa saja persyaratan untuk menjadi anggota Paspampres?

Untuk menjadi anggota Paspampres, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota Paspampres:

  1. Tinggi badan minimal 175 CM1.
  2. Mempunyai kondisi fisik yang sehat1.
  3. Harus memiliki latar belakang TNI1.
  4. Lolos Tes Psikologi1. Tes psikologi diperlukan karena para Paspampres harus memegang senjata2.
  5. Harus memiliki keahlian menembak dan bela diri1. Anggota Paspampres harus bisa berlatih menembak dan menguasai olahraga lari, sit up, push up, pull up, swimming, dan free climbing2.

Paspampres merupakan akronim dari Pasukan Pengamanan Presiden. Sesuai namanya, pasukan ini bertugas melaksanakan pengamananan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada presiden3. Oleh karena itu, seleksi yang dilakukan pada pemilihan Paspampres cukup ketat2.


Bagaimana cara mendaftar menjadi anggota Paspampres?

Untuk menjadi anggota Paspampres, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dan melalui beberapa tahap seleksi. Berikut ini adalah beberapa persyaratan dan tata cara untuk menjadi anggota Paspampres:

  1. Lolos Tes Psikotes: Syarat masuk Paspampres yang pertama yakni harus lolos seleksi atau tes psikologi. Hal ini karena seorang anggota Paspampres harus memiliki sikap tenang, berani bertindak, dan cepat dalam mengambil keputusan. Tes psikologi diperlukan karena para Paspampres harus memegang senjata1.
  2. Kondisi Fisik yang Sehat: Anggota Paspampres juga harus mempunyai kesehatan fisik yang memadai. Mereka harus kuat berlari dan memiliki kemampuan bela diri1.
  3. Memiliki Keahlian Menembak: Anggota Paspampres harus bisa berlatih menembak. Pasalnya, menembak adalah salah satu parameter bagi Paspampres untuk bisa naik tingkat. Selain itu, keahlian ini juga dibutuhkan untuk melindungi presiden, anggota keluarga, dan pejabat lainnya1.
  4. Menguasai Bela Diri: Anggota Paspampres harus menguasai olahraga lari, sit up, push up, pull up, swimming, dan free climbing1.

Untuk mendaftar menjadi anggota Paspampres, Anda harus menjadi anggota TNI terlebih dahulu2. Setelah itu, Anda dapat mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh TNI untuk menjadi anggota Paspampres.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar