13 Agustus 2023

Hari pramuka - 14 AGUSTUS

 Hari Pramuka adalah hari yang diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia. Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus1. Hari Pramuka yang ditetapkan pada tanggal 14 Agustus itu berdasarkan pada sejarah lahirnya gerakan kepramukaan di Indonesia1. Hari Pramuka Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 19612. Bersamaan dengan itu, Presiden Soekarno juga melantik Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas) Kwartir Nasional (Kwarnas) dan Kwartir Nasional Harian (Kwarnari)2. Ditetapkannya sebagai Hari Pramuka Nasional karena secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan secara umum di Istana Negara pada 14 Agustus 19612. Momen itu ditandai dengan penyerahan Panji Gerakan Pramuka dari Presiden Soekarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang juga menjadi Ketua pertama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka2. Tanggal 14 Agustus itulah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Pramuka Nasional2.

Untuk memperingati Hari Pramuka, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memasang twibbon Hari Pramuka 20233. Ada banyak link download Twibbon Hari Pramuka 2023 yang bisa digunakan sebagai status di media sosial atau dikirimkan ke orang lain yang aktif dalam gerakan kepanduan45.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang sejarah atau perayaan Hari Pramuka? ๐Ÿ˜Š


Ceritakan tentang sejarah Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung1. Di Jakarta, didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinders-Organisatie (JIPO) pada tahun yang sama1. Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 19261.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan1. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7–10 tahun), Pramuka Penggalang (11–15 tahun), Pramuka Penegak (16–20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun)1. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing1.

Kata “pramuka” merupakan akronim dari “praja muda karana”, yang berarti "jiwa muda yang suka berkarya"1. Namun, sebelum singkatan ini ditetapkan, kata “pramuka” asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari istilah bahasa Jawa (dibaca /pramukษ”/) yang berarti "pasukan terdepan dalam perang"1.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia2. Sejak saat itu, tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka Nasional3.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang sejarah atau perkembangan Gerakan Pramuka? ๐Ÿ˜Š


Apa saja nilai-nilai yang ditanamkan dalam Gerakan Pramuka?

Gerakan Pramuka adalah salah satu lembaga kependidikan nonformal di Indonesia yang berbadan hukum serta berasaskan Pancasila1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka pasal 8 menyebutkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam kepramukaan adalah sebagai berikut1:

  • Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Kecintaan pada alam dan sesama manusia
  • Kecintaan pada tanah air dan bangsa
  • Kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan
  • Tolong menolong
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat
  • Hemat, cermat, dan bersahaja
  • Rajin dan terampil

Selain itu, Gerakan Pramuka juga memiliki nilai-nilai Dasa Darma Pramuka yang diajarkan kepada anggotanya yang harapannya dapat diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari2. Nilai-nilai Dasa Darma Pramuka adalah sebagai berikut2:

  1. Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia
  3. Patriot yang Sopan dan Ksatria
  4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang nilai-nilai yang ditanamkan dalam Gerakan Pramuka? ๐Ÿ˜Š


Bagaimana cara bergabung dengan gerakan pramuka?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar