8 Agustus 2023

TANAMAN TRADISIONAL ADALAH

 Tanaman tradisional adalah tanaman yang telah lama digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman obat keluarga atau disingkat TOGA pada dasarnya merupakan sekumpulan tumbuhan atau tanaman yang dipetik untuk dipakai sebagai bahan pembuatan obat herbal untuk mengobati penyakit1. Ada banyak penyakit yang bisa diatasi hanya dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga karena mengandung senyawa-senyawa tertentu yang memberikan khasiat pengobatan1. Sejak zaman kerajaan dan nenek moyang, tanaman obat keluarga sudah lama dipakai. Bahkan hingga kini, penggunaannya belum bisa digantikan sebab khasiat dari tanaman obat keluarga memang masih manjur meski tanaman yang digunakan belum seluruhnya mendapatkan perhatian dari para peneliti1. Tanaman-tanaman yang memberi efek pengobatan tersebut bisa dibudidaya sendiri di rumah atau memetiknya karena banyak juga yang tumbuh liar1.


Apa saja tanaman obat keluarga yang populer di Indonesia?

Ada banyak tanaman obat keluarga yang populer di Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh tanaman obat keluarga yang populer di Indonesia:

  1. Daun Jinten (Plectranthus amboinicu) - dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, menyembuhkan sakit perut, meredakan batuk, dan dapat membantu memulihkan kesehatan ibu yang baru melahirkan1.
  2. Biji Pohon Mahoni (Swietenia mahagoni) - biji mahoni dapat diolah menjadi bubuk yang bermanfaat menyembuhkan rematik, dan dapat menjadi bubuk ajaib untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Selain itu, biji mahoni juga dapat mencegah penyakit diabetes, membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung serta stroke1.
  3. Sambiloto (Andrographis paniculata) - termasuk salah satu tanaman obat yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini berasal dari kawasan tropis Asia, tepatnya dari negara India dan dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 mdpl1.
  4. Jahe (Zingiber officinale) - merupakan tanaman yang sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak dahulu. Pada awal pandemi, pamor jahe semakin naik daun karena banyak diolah menjadi jamu untuk meningkatkan imun tubuh2.
  5. Seledri - daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram. Daun seledri selain biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga3.

Itulah beberapa contoh tanaman obat keluarga yang populer di Indonesia. Tentunya masih banyak lagi jenis tanaman obat keluarga lainnya yang bisa Anda temukan di Indonesia.


Bagaimana cara mengolah tanaman obat keluarga?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar