2 Agustus 2023

MAKAM KERAMAT AL HAWI CONDET

 Makam Keramat Al-Hawi Condet berada di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Disebut makam keramat Al-Hawi karena pemakaman ini berada di depan Pesantren Al-Hawi dan Masjid Al-Hawi. Para wali keturunan Rasulullah SAW banyak yang dimakamkan di sini. Habib Muhsin bin Muhammad Al-Attas adalah tokoh yang pertama dimakamkan di tempat ini1.

Menurut cerita warga sekitar, pemakaman tersebut adalah makam dari seorang habib yang meninggal pada tahun 1938. Pemakaman ini juga disebut dengan nama Al Hawi2.


Siapa Habib Muhsin bin Muhammad Al-Attas?

Saya tidak menemukan informasi yang spesifik tentang Habib Muhsin bin Muhammad Al-Attas. Namun, saya menemukan informasi tentang Abdullah bin Muhsin al-Attas, yang juga dikenal sebagai Habib Keramat Empang. Beliau adalah seorang ulama yang lahir di al-Kasri Hadramaut pada 17 April 1849 M/23 Jumadilawal 1265 H dan aktif mengembangkan ajaran agama Islam di daerah Empang, Bogor, Jawa Barat1. Apakah ini yang Anda maksud? 😊


Apa yang dimaksud dengan wali keturunan Rasulullah SAW?

Wali keturunan Rasulullah SAW adalah wali yang masih memiliki garis keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Menurut sejarawan Muhammad Iskandar, garis keturunan tersebut berasal dari putri Rasulullah SAW, yakni Sayyidina Fathimah RA1. Salah satu contoh wali keturunan Rasulullah SAW adalah Sunan Gresik atau yang lebih dikenal dengan Maulana Malik Ibrahim. Beliau adalah keturunan ke-22 Nabi Muhammad SAW melalui Sayyidina Fathimah RA1.

Walisongo adalah kelompok sembilan tokoh Islam yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di pulau Jawa pada abad ke-15 dan ke-16. Mereka juga dikenal dengan sebutan Walisongo atau Walisanga. Para Wali Songo memiliki beragam latar belakang dan kisah hidup yang berbeda. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Jawa, seperti Gresik, Surabaya, Demak, Cirebon, dan sekitarnya2. Menurut beberapa sumber, para Wali Songo juga merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW12.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar