6 Agustus 2023

PERUSAHAAN PEMBAYARAN GAJI TELAT DAN DI CICIL

 Menurut Justika, jika perusahaan membayar gaji dengan cara dicicil, itu sudah termasuk pelanggaran hukum1. Pembayaran gaji dengan sistem cicil tersebut kerap dilakukan perusahaan ketika pemasukan sedang tidak baik, atau kondisi ekonomi sedang lesu1. Dengan alasan apa pun, perusahaan seharusnya membayarkan seluruh upah karyawan tersebut secara penuh1. Ketika perusahaan membayar gaji dengan cara dicicil, para pekerja berhak menuntut untuk dibayar secara penuh. Jika perusahaan mengabaikannya, maka karyawan bisa melayangkan laporan ke instansi terkait atau juga melakukan gugatan hukum1. Dalam hal ini, Dinas Ketenagakerjaan yang menjadi tempat paling tepat untuk melaporkannya1.

Sanksi untuk pembayaran gaji dengan sistem cicil tersebut sebenarnya tidak ada. Hanya saja, hukum telat membayar gaji karyawan bisa diberlakukan1. Pembayaran gaji tersebut diatur dalam PP Pengupahan yang menegaskan bahwa karyawan berhak mendapatkan gaji penuh setiap tanggal yang sudah disepakati1. Jika perusahaan tidak bisa membayar gaji tepat waktu, diberikan toleransi keterlambatan selama 3 hari. Namun jika keterlambatan pembayaran gaji tersebut sudah lebih dari 4 hari, maka denda akan diberlakukan1.

Apakah Anda ingin tahu informasi lainnya? 😊


Bagaimana cara melaporkan perusahaan yang membayar gaji dengan sistem cicil?

Jika Anda ingin melaporkan perusahaan yang membayar gaji dengan sistem cicil, Anda bisa melaporkannya ke Dinas Ketenagakerjaan. Dinas Ketenagakerjaan adalah instansi yang bertugas untuk menangani masalah ketenagakerjaan, termasuk masalah pembayaran gaji. Anda bisa menghubungi Dinas Ketenagakerjaan di daerah Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara melaporkan perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan tersebut jika perusahaan mengabaikan tuntutan Anda untuk dibayar secara penuh. Namun, sebelum mengambil langkah hukum, sebaiknya Anda mencoba menyelesaikan masalah ini secara damai dengan perusahaan terlebih dahulu.

Apakah Anda ingin tahu informasi lainnya? 😊


Apa saja hak-hak karyawan dalam hal pembayaran upah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar