1 Oktober 2023

TOKOH NASIONAL INDONESIA


 Prabowo Subianto Djojohadikusumo, yang lahir pada 17 Oktober 1951, adalah seorang politisi, pengusaha, dan perwira tinggi militer Indonesia berdarah Jawa Banyumasan1. Ia menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam dunia bisnis, politik dan pemerintahan1.

Pada tanggal 23 Oktober 2019, Prabowo dilantik menjadi Menteri Pertahanan ke-26 Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019 hingga 20241. Sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersama Hatta Rajasa, maju sebagai calon Presiden Indonesia ke-7 dalam pemilihan umum 2014, namun diungguli oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla1. Ia mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan umum Presiden Indonesia 2019, berpasangan dengan Sandiaga Uno1.

Pada Rapimnas Partai Gerakan Indonesia Raya tanggal 13 Agustus 2022 di Sentul, Prabowo menerima pencalonan partainya untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilihan umum Presiden Indonesia 20241.


Apa saja prestasi Prabowo?

Berikut ini adalah beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Prabowo Subianto:

  1. Karir Militer: Prabowo memulai karir militernya pada tahun 1974 sebagai Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Selama menjadi ABRI, Prabowo sukses masuk pasukan elit Komando Pasukan Khusus (Kopassus)1. Ia juga pernah menjabat sebagai Panglima KOSTRAD (Komando Strategi Angkatan Darat)2.

  2. Pembebasan Sandera Mapenduma: Prabowo terlibat dalam operasi pembebasan sandera Mapenduma dari Organisasi Papua Merdeka (OPM)2.

  3. Karir Politik dan Pemerintahan: Prabowo telah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan Menteri Pertahanan ke-26 Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019 hingga 20243.

  4. Prestasi Sebagai Menteri: Kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dianggap paling baik di antara para menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 oleh sejumlah lembaga survei3.

  5. Karir Bisnis: Prabowo juga memiliki karir bisnis yang sukses, termasuk menjadi Komisaris Perusahaan Minyak dan Gas di Kazakhstan, Komisaris Utama PT Tidar Kerinci Agung, Presiden dan CEO PT Nusantara Energy, dan Presiden dan CEO PT Jaladri Nusantara4.

Bagaimana pandangan masyarakat tentang Prabowo?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar